IbM Pelatihan Pembuatan Paket Wisata Tematik Sejarah, Pelayanan Prima dan Tour Guide Bagi Pengelola Wisata

Main Article Content

Fauzan Putraga Al-Bahri
Ihsanuddin
Jhony Syafwandhinata

Abstract

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pengelola dan warga Kampung Wisata Iboih Kota Sabang tentang bagaimana mengelola sebuah destinasi wisata. Hai ini penting mengingat per 24 Januari 2016 Kampung Wisata Iboih Kota Sabang telah resmi ditetapkan sebagai Destinasi Unggulan di Kota Sabang. Oleh karena itu, pengelola dan warga sangat memerlukan pengetahuan dan ketrampilan mengenai penglolaan kampong wisata yang meliputi: Pelatihan Manajemen Destinasi Wisata, Pembuatan Paket Wisata Tematik Sejarah, Pelayanan prima dan Tour Guide. Setelah pelatihan, diharapkan mereka paham dan memiliki pengetahuan mengenai aspek-aspek dalam pengelolaan sebuah destinasi. Kehadiran wisatawan di Kota Sabang, baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara sangat diharapkan oleh pariwisata Kota Sabang. Oleh karena itu bagaimana ‘menahan’ wisatawan agar mau tinggal lebih lama dan mengeksplorasi wisata Kota Sabang sangat penting dilakukan. Untuk itu kuncinya adalah terletak pada pengelolaan destinasi wisata yang tepat. Seiring peningkatan kemampuan pengelola dan warga tersebut, diharapkan pelaku jasa wisata setempat semakin profesional yang pada akhirnya dapat juga meningkatkan kepuasan wisatawan/pengunjung. Lebih penting lagi, keberadaan Kampung Iboih menjadi semakin stabil dan unggul dalam peta destinasi wisata Kota Sabang.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Al-Bahri, F. P., Ihsanuddin, I., & Syafwandhinata, J. (2020). IbM Pelatihan Pembuatan Paket Wisata Tematik Sejarah, Pelayanan Prima dan Tour Guide Bagi Pengelola Wisata. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 1(1), 1-9. https://doi.org/10.35870/jpni.v1i1.1
Section
Articles

References

Himawan, H., 2015, July. E-tourism: Antara konsep dan implementasi dalam mendukung industri pariwisata Indonesia. In Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF) (Vol. 1, No. 5).

Ahyuni, A. and Sri, M., 2015. Minat Wisatawan Asing Berkunjung ke Objek Wisata di Wilayah Bagian Selatan Propinsi Sumatera Barat. Jurnal Geografi, 4(2), pp.200-212.

Hermawan, W. and Wardhana, A., 2016. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Indonesia. QE Journal, 5(1).

Statistik, B.P., 2012. Survei demografi dan kesehatan Indonesia 2012. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Krstic, B., Jovanovic, S., Jankovic-Milic, V. and Stanisic, T., 2016. Examination of travel and tourism competitiveness contribution to national economy competitiveness of sub-Saharan Africa countries. Development Southern Africa, 33(4), pp.470-485.

Pariwisata, K. and Indonesia, E.K.R., 2012. Rencana Strategis 2012-2014. Jakarta: Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Reindrawati, D.Y., 2020. PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENGELOLAAN KAMPUNG WISATA LAWAS MASPATI SEBAGAI DESTINASI UNGGULAN BARU SURABAYA. ABDI KAMI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), pp.001-019.

Wibowo, L.A. and Yuniawati, Y., 2007. The Influence of Tourist Product Attribute and Trust to Tourist Satisfaction and Loyalty A Study of Mini Vacation in Bandung. Ringkasan Hasil Penelitian Dosen.

Widyaningsih, H., 2018. Upaya Peningkatan Profesionalisme Karyawan Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Karyawan Abadi Hotel Jogja. Khasanah Ilmu-Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 9(1).

Musanto, T., 2004. Faktor-faktor kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan: Studi kasus pada CV. Sarana Media Advertising Surabaya. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 6(2), pp.123-136.

RIZAL, S. and WALI, M., 2019. The Effect of Leadership Style, Compensation and Organizational Commitment to Working Satisfaction of Aceh Social Service Employees. Editorial Board, p.797.

Rizal, S. and Wali, M., 2013. Dimensi Kesadaran Merek dan Keputusan Konsumen Memilih Hermes Palace Hotel di Kota Banda Aceh. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis (EMBis), 1(1), pp.27-41.

Heffy, M., 2009. Reformasi Manajemen Pelayanan Publik Menuju Good Governance. Jurnal Borneo Administrator, 5(2).

Amri, K., 2013. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen Surat Kabar Harian Serambi Indonesia di Kota Banda Aceh. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 1(2), pp.229-242.

Audina, M., 2018. Pelayanan Prima dalam Menangani Paspor Hilang dan Rusak pada Kantor Imigrasi Kelas I Polonia Medan.

Nurlia, N., 2018. Strategi Pelayanan dengan Konsep Service Excellent. Meraja journal, 1(2), pp.17-30.

Audina, M., 2018. Pelayanan Prima dalam Menangani Paspor Hilang dan Rusak pada Kantor Imigrasi Kelas I Polonia Medan.

Barata, A.A., 2003. Dasar-dasar pelayanan prima. Elex Media Komputindo.

Nurlia, N., 2018. Strategi Pelayanan dengan Konsep Service Excellent. Meraja journal, 1(2), pp.17-30.

Maryam, N.S., 2016. Mewujudkan good governance melalui pelayanan publik. Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi: Politeknik Kridatama Bandung.

Singgih, E.M. and Bawono, I.R., 2010. Pengaruh Independensi, Pengalaman, Due Professional Care dan Akuntabilitas Terhadap Kualitas Audit. Simposium Nasional Akuntansi XIII, pp.1-21.