IbM Sosialisasi Model Permainan untuk Pengembangan Sosial Emosional Anak
Main Article Content
Abstract
Tujuan Program Pengabdian kepada Masyarakat dengan judul Sosialisasi Model Permainan Untuk Pengembangan Sosial Emosional Anak Bagi Guru SD 23 Kota Sabang, adalah sebagai berikut: (1) Mensosialisasikan model permainan untuk pengembangan sosial emosional anak SD terhadap guru SD 23 Kota Sabang dan (2) Mengimplementasikan penggunaan model permainan yang dapat digunakan untuk meningkatkan dan kemampuan sosial emosional anak pada guru SD 23 Kota Sabang. Kegiatan Sosialisasi Model Permainan Untuk Pengembangan Sosial Emosional Anak Bagi Guru SD 23 Kota Sabang dilaksanakan di SD 23 Kota Sabang tanggal 1 Juni 2016. Jumlah peserta kegiatan pelatihan terpadu sebanyak 20 orang. Metode yang ditempuh adalah ceramah, tanya jawab, studi kasus, demontrasi, praktek langsung, dan evaluasi. Hasil kegiatan adalah sebagai berikut: (1) Target sebanyak 50 peserta dapat terpenuhi, (2) Terlaksananya kegiatan mendapat apresiasi yang bagus dari khalayak sasaran, dan (3) Peserta dapat memahami model permainan yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan sosial emosional anak, khususnya pada tingkatan Sekolah Dasar. Adapun saran yang dapat disampaikan dalam kegiatan Pengabdian kepada masyarakat ini, adalah sebagai berikut: (1) Perlu adanya buku panduan tentang model permainan yang dapat digunakan untuk meningkaSDan kemampuan social emosional anak agar mempermudah guru dalam mengaplikasikan apabila muncul permasalahan selama proses pembelajaran dan (2) Kegiatan perlu ditindak lanjuti dengan pelatihan kreativitas guru dalam mengembangkan model permainan untuk anak SD, khususnya yang berorientasi pada permasalahan psikologis anak.
Downloads
Article Details
References
MARIAH, M. and SYARIFUDDIN, S., 2017. Penggunaan Metode Fernald Untuk Meningkatkan Prestasi Membaca Braille Siswa Tunanetra Kelas II SDLB Negeri Sabang. JEPS (Jurnal Ekonomi, Pendidikan, dan Sains), 1(1), pp.28-36.
Ridwan, A.E., 2014. Pendidikan IPS dalam membentuk SDM beradab. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 23(1).
Gunawan, I., 2012, May. Mengembangkan Karakter Bangsa Berdasarkan Kearifan Lokal. In Prosiding Seminar Nasional Meretas Sekolah Humanis untuk Mendesain Siswa Sekolah Dasar yang Cerdas dan Berkarakter, PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta, hlm (pp. 67-79).
Dini, D.P.A.U., 2014. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Diknas.
Nonci, H., 2012. Penerapan Uswatun Hasanah Terhadap Pembinaan Anak. Sulesana: Jurnal Wawasan Keislaman, 6(1), pp.66-83.
Zai, A. and Siregar, T., 2011. Perlindungan Hukum terhadap Anak yang Berhadapan dengan Hukum dalam Sistem Peradilan Anak (Studi pada Wilayah Hukum Polres Nias). Jurnal Mercatoria, 4(2), pp.99-116.
Agung, P. and Asmira, Y.D., 2018. PENGEMBANGAN MODEL PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI SOSIAL MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI TK TUNAS MEKAR INDONESIA BANDAR LAMPUNG. Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini, 1(02).
Trisnantari, H.E., 2018. Pemberdayaan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kecamatan Kedungwaru dalam Membentuk Karakter Anak yang Kreatif. J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat), 2(1).
Susanto, A., 2017. Proses Habituasi Nilai Disiplin Pada Anak Usia Dini Dalam Kerangka Pembentukan Karakter Bangsa. Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum, 15(1).
HIDAYAH, K.R. and Subandji, S., 2019. UPAYA PENGEMBANGAN SIKAP DISIPLIN ANAK USIA DINI MELALUI PEMBIASAAN DI KB MASITHOH I BATUR, CEPER, KLATEN TAHUN 2019/2020 (Doctoral dissertation, IAIN SURAKARTA).
ULPAH MASPUPAH, U.L.P.A.H., 2016. MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (Studi Komparatif KBIT Alfurqon Sumbang Banyumas dan Play Group Genus Jatiwinangun Purwokerto) (Doctoral dissertation, pascasarjana iain purwokerto).
Damayanti, L. and Sumarwoto, V.D., 2016. Pengaruh Media Cerita Bergambar Terhadap Kehidupan Sosial Anak Didik Kelompok B TK Desa Ngepeh Saradan Madiun Tahun Ajaran 2014-2015. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 3(2), pp.12-23.
Mas’udah, M.U., 2015. PENGARUH PERMAINAN PETAK UMPET TERHADAP KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK. PAUD Teratai, 4(2).
Cahyani, N.L.A., Kristiantari, M.R., Manuaba, I.B.S. and Fo, M., 2014. Model Pembelajaran Quantum Melalui Permainan Tradisional untuk Meningkatkan Kognitif Anak Kelompok B TK Kumara Jaya Denpasar. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 2(1).
Wahyudi, W. and Siswanti, M.C., 2015. Pengaruh Pendekatan Saintifik Melalui Model Discovery Learning dengan Permainan Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 5 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(3), pp.23-36.
Elyana, L., 2017. Kurikulum holistik integratif anak usia dini dalam implementasi self regulated learning. Prosiding HIPKIN Jateng, 1(1), pp.1-7.
Iragraha, S.F. and Rachman, H.A., 2015. MODEL PERMAINAN UNTUK PENGEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK TK KELOMPOK B. JURNAL PEDAGOGI OLAHRAGA DAN KESEHATAN, 1(1), pp.26-37.
UTAMI, M.P., 2018. PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK TEMATIK DENGAN MODEL INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR KELAS IV (Doctoral dissertation, Universitas Lampung).
Yuhety, H., Miarso, Y. and Baslemah, A., 2008. Indikator Mutu Program pendidikan Sepanjang Hayat. Jurnal Ilmiah Visi, 3(2), pp.150-170.
Familia, T.P., 2006. Menepis hambatan tumbuh kembang anak. Kanisius.
Viviani, L., 2019. HUBUNGAN VARIASI GAYA MENGAJAR DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD GUGUS RA KARTINI KECAMATAN GUBUG (Doctoral dissertation, UNNES).
Permatasari, P.A., 2016. Kemampuan Guru Sekolah Dasar Dalam Mengadakan Variasi Pada Pembelajaran Tematik Di Gugus Imam Bonjol Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).
Rocmah, L.I., 2012. Model Pembelajaran Outbound Untuk Anak Usia Dini. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 1(2), pp.173-188.
Hildayani, R., Sugianto, M., Tarigan, R. and Handayani, E., 2014. Psikologi perkembangan anak.
Risanti, E.D., 2016. PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI TOKOH-TOKOH SEJARAH PADA MASA HINDU-BUDHA DAN ISLAM DI INDONESIA (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).
Nurussyifa, A.M., Nurfadilah, I., Pertiwi, R.S., Sunari, R.S., Rahman, R.N., Hanifah, Y.N., Dasar, P.G.S., FIP, F.I.P., Kesuma, D., Riyadi, A.R. and Surahman, E., EVALUASI PEMBELAJARAN (EVALUASI KOGNITIF, AFEKTIF DAN PSIKOMOTORIK).