IbM Pelatihan Microsoft Office Dalam Rangka Membentuk Masyarakat Yang Profesional

Main Article Content

Abdus Salam
Taufiq Iqbal

Abstract

Pemanfaatan TIK sudah menyentuh hampir seluruh aspek kehidupan masyarakat. Termasuk salah satunya dalam mendukung pengelolaan sekolah. Rencana Strategis Departemen Pendidikan Nasional, secara eksplisit menyebutkan tiga pilar kebijakan pendidikan nasional, yaitu: (1) perluasan dan pemerataan akses, (1) peningkatan mutu, relevansi dan daya saing, dan (3) penguatan tata kelola, akuntabilitas dan citra publik pendidikan, untuk mewujudkan pendidikan yang bermutu, akuntabel, murah, merata dan terjangkau rakyat banyak. Peran strategis TIK untuk pilar pertama, yaitu perluasan dan pemerataan akses pendidikan, diprioritaskan sebagai media pembelajaran jarak jauh. Sedangkan untuk pilat kedua, peningkatan mutu, relevansi dan daya saing, peran TIK diprioritaskan untuk penerapan dalam pendidikan/proses pembelajaran. Terakhir, untuk penguatan tata kelola, akuntabilitas dan citra publik, peran TIK diprioritaskan untuk sistem informasi manajemen secara terintegrasi. Materi yang diberikan dalam pelatihan ini terbagi menjadi 3 kelompok, yaitu kelompok Microsoft Word 2013, Microsoft PowerPoint 2013, dan Microsoft Excel 2013. Materi pembekalan yang diberikan pada kelompok Microsoft PowerPoint 2013 adalah pengenalan lembar sebar, mulai dari lembar kerja, sampai dengan penggunaan fungsi dan rumus-rumus untuk menyelesaikan masalah. Kegiatan dilakukan berdasarkan pembagian tingkat kemampuan atau skill masing-masing masyarakat. Masyarakat yang telah mahir dikelompokkan tersendiri dari masyarakat yang masih awam tentang komputer supaya pelatihan lebih intensif. Masyarakat yang masih awam dibimbing dan ditemani instruktur mulai dari prosedur menyalakan komputer, membuka file, menyimpan file, menggunakan mouse, mengetik dasar, pengenalan bagian-bagian komputer sampai pada prosedur mematikan komputer. Pengenalan materi lembar sebar diawali dengan menjelaskan lembar kerja, fungsi-fungsi menu, dan cara membuat border, pengenalan cell alignment, serta pengenalan rumus dan fungsi Microsoft Excel untuk menyelesaikan suatu masalah/kasus tertentu.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Salam, A., & Iqbal, T. (2020). IbM Pelatihan Microsoft Office Dalam Rangka Membentuk Masyarakat Yang Profesional. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 1(1), 10-15. https://doi.org/10.35870/jpni.v1i1.2
Section
Articles

References

Rahim, M.Y., 2016. Pemanfaatan ICT sebagai media pembelajaran dan informasi pada UIN Alauddin Makassar. Sulesana: Jurnal Wawasan Keislaman, 6(2), pp.127-135.

Darimi, I., 2017. Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Efektif. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(2), pp.111-121.

Pulungan, S., 2017. Pemanfaatan ICT Dalam Pembelajaran PAI. Query: Journal of Information Systems, 1(01).

Paryanti, A.B., 2014. Makalah penggunaan ICT dalam meningkatkan mutu pembelajaran. JSI (Jurnal sistem Informasi) Universitas Suryadarma, 1(1).

Kusmana, A., 2017. E-learning dalam Pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 14(1), pp.35-51.

RISAL, R., 2017. Efektivitas Penggunaan Media Pembeajaran E-Learning Berbasis Web Pada Mata pelajaran KKPI Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK Negeri 5 (Doctoral dissertation, Pascasarjana).

Riwayadi, P., 2013. Pemanfaatan Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Untuk Kemajuan Pendidikan Di Indonesia. available at PLS-UM Database.

Salam, A., Ridha, R., 2019. Sistem Basis Data dengan Microsoft Office Access : Teori dan Praktikum. KITA Publisher.

Akbar, R., 2019. Sistem Basis Data dengan Microsoft Office Access : Teori dan Praktikum. KITA Publisher.

Gulo, W., 2008. Strategi Belajar Mengajar (Cover Baru). Grasindo.

Wali, M., 2018. Add-ins Microsoft Office. KITA Publisher.

Bahruni, B. and Fathurrahmad, F., 2020. Analisis Trend Topik Penelitian pada Web Of Science dan SINTA untuk Penentuan Tema Tugas Akhir Mahasiswa AMIK Indonesia Banda Aceh. Jurnal Saintekom, 10(1), pp.13-25..

Wali, M. and Ahmad, L., 2017. Perancangan Aplikasi Source code library Sebagai Solusi Pembelajaran Pengembangan Perangkat Lunak. Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi), 1(1), pp.39-47.

Ahmad, L. and Wali, M., 2019. Perancangan Software Asisten Dosen Sebagai Media Dalam Pelaksanaan Computer Assisted Learning di AMIK Indonesia Banda Aceh. Smart Comp: Jurnalnya Orang Pintar Komputer, 8(1), pp.38-43.

Fitri, R., Subandi, S., Asyikin, A.N. and Nugroho, A.S.B., 2019. Implementasi Sistem Informasi Desa (Sid) Dan Instalasi Voice Server Guna Meningkatkan Partisipasi Warga Desa Bamban Selatan Dalam Membangun Desa. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 1(2), pp.81-91.

Fitriyadi, H., 2013. Integrasi teknologi informasi komunikasi dalam pendidikan: potensi manfaat, masyarakat berbasis pengetahuan, pendidikan nilai, strategi implementasi dan pengembangan profesional. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 21(3).

Wali, M. and Mukhtar, M. 2020. “PKM : Pelatihan Microsoft Excel 2013 Dalam Rangka Membentuk Tenaga Pengajar Yang Profesional”, TRIDARMA: Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM), 3(1, Mei), pp. 31-34.

Fauzzia, W., Sofiani, F., Shaleha, D.N., Malik, N.A., Delia, R., Rubianti, W. and Wulandari, W., 2018. Pengabdian Kepada Masyarakat Bakti Sosial Bersama Jamaah Masjid Fatmah Hidayah. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).

Rizal, S. 2020. “PKM : Pemberdayaan Generasi Muda Melalui Enterpreneurship di Gampong Leuge Kecamatan Peureulak Kabupaten Aceh Timur”, TRIDARMA: Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM), 3(1, Mei), pp. 35-39.

Sapriya, B.D.L., NURTURING CIVIC COMPETENCE OF UNIVERSITY STUDENTS THROUGH SCOUTING EDUCATION AS STRENGTHENING YOUNG GENERATION CHARACTER AT MUHAMMADIYAH UNIVERSITY OF SURAKARTA. JURNAL CIVICUS, 19(2).

Mira, Y., 2018. Pendidikan Nilai Sosial Dalam Kegiatan Korps Sukarela Palang Merah Indonesia Di Unit Kegiatan Mahasiswa Ksr-Pmi Unit Iain Ponorogo (Doctoral dissertation, IAIN PONOROGO).

Hardjana, A.M., 2003. Komunikasi interpersonal dan intrapersonal. Kanisius.

Tedjasaputra, M.S., 2001. Bermain, mainan dan permainan. Grasindo.